Mesin Diesel Susah Dihidupkan

Bagaimana mengatasi dan penyebab Mesin Diesel Susah Dihidupkan hal ini pastinya akan menyulitkan Anda sendiri, apalagi jika kendaraan tersebut selalu Anda pakai bekerja tiap hari.

Memang perlu penanganan juga pengecekan dalam merawat mesin kendaraan dan salah satunya adalah mesin diesel ini, jika kendala diatas sering diabaikan bukan tak mungkin akan berakibat yang lebih serius lagi pada mesin diesel Anda.

Penyebab Mesin Diesel Susah Dihidupkan

mesin diesel susah hidup
https://autoexpose.org
1. Tekanan Kompresi Mesin Menurun
Mesin Diesel memang berbeda dengan Mesin Bensin yang harus tetap mempunyai kompresi mesin yang tinggi yaitu antara 22 hingga 30 psi, jika sampai tekanan menurun dapat dipastikan bahan bakar yaitu solar akan lebih sulit dibakar dalam ruang bakar.

2. Tekanan Injeksi Bahan Bakar Rendah
Sistem pada Mesin Diesel dalam memasukkan bahan bakar pada ruang bakar disemprotkan melalui injeksi dan tekanan injeksi sendiri harus lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan dalam ruang bakar mesin.

Jika tekanan injeksi menurun pastinya bahan bakar akan susah masuk kedalam ruang bakar mesin dan sistem pengkabutan bahan bakar menjadi tak maksimal, hal ini menjadikan bahan bakar yang awalnya mudah dibakar karena pengkabutan tidak maksimal.

3. Busi Pemanas Bermasalah
Mesin Diesel pada awal menghidupkan memang membutuhkan komponen yaitu pemanas untuk mempermudah pembakaran bahan bakar dalam ruang bakar, jika pemanas atau busi pemanas mengalami kerusakan jelas dalam awal menghidupkan mesin akan mengalami kesulitan.

Biasanya hal ini paling sering jika dalam kondisi pagi hari atau pada waktu mesin kendaraan masih dingin, pastikan cek dahulu pemanas tersebut sebelum mengecek onderdil mobil Anda yang lainnya.

Solusi Mesin Diesel Susah Dihidupkan

Untuk mengatasi Mesin Diesel Susah Hidup pastikan dahulu ke 3 point diatas sebelum mengecek yang lain.

1. Kompresi Menurun
Kompresi menurun bisa karena kebocoran dalam ruang bakar, bisa terjadi karena ring piston yang sudah waktunya diganti karena sudah mengalami keausan atau malah blok yang mengalami keausan berlebih.

Jika ini terjadi pasti tenaga mesin diesel akan menurun drastis atau ngedrop, banyak hal yang menyebabkan menurunnya kompresi mesin.

2. Injeksi Bahan Bakar
Pengecekan tekanan injeksi yang tepat adalah pada montir atau ahlinya, kesulitan jika kita mengecek sendiri tanpa adanya alat bantu cek tekanan atau keahlian dalam kasus ini. Komunikasikan pada montir gejala - gejala mesin yang susah hidup dan jika ada kerusakan pada injeksi bahan bakar sang montir akan dapat mencari permasalahan injeksi tersebut.

3. Penggantian Busi Pemanas
Jika memang busi pemanas mengalami kerusakan solusinya adalah menggantinya dengan yang baru, untuk harganya memang bervariasi dan tergantung jenis kendaraanya.

0 comments:

Posting Komentar